You are here
Home > Gaming > 5 Game yang Membuat PC Bertekuk Lutut karena Saking Beratnya!

5 Game yang Membuat PC Bertekuk Lutut karena Saking Beratnya!


Source: Mygameing.co.za

Salah satu platform yang paling digemari di dunia ini selain PlayStation adalah Personal Computer atau biasa kita menyingkatnya PC. Hardware yang bisa di-upgrade dan sangat bertenaga menjadi alasan orang-orang menggunakan PC. Tapi meski begitu, ada beberapa game PC berat yang membuat PC kesulitan untuk memainkannya.

Berbicara soal platform gaming, PC menjadi salah satu yang paling digemari di dunia. Selain memiliki fleksibilitas super tinggi, ketahanan hardware mumpuni, ditambah dengan game yang harganya jauh lebih murah dari versi konsol membuat PC jadi primadona.

Selain itu, performa PC diyakini jauh lebih tinggi dari versi konsol karena pada dasarnya performa game pada konsol sudah disesuaikan agar game mampu berjalan optimal. Sedangkan di PC, gamer bisa mengubah setting-an gambar sehingga membuat game tersebut jauh lebih indah dari PC.

Hal ini membuat munculnya sebuah jargon PC Master Race yang berarti pengalaman bermain game hanya bisa kita nikmati dengan maksimal apabila bermain game di PC saja. Tapi meski demikian, platform PC bukannya tanpa celah.

Terkadang, game yang mengalami bad port atau pengoptimalan yang kurang di PC akan membuat game tersebut tidak berjalan dengan semestinya. Contohnya adalah Batman Arkham Knight yang begitu gemilang di konsol namun begitu menyedihkan saat dimainkan di PC karena FPSnya sering drop dan hanya maksimal berjalan di 30 FPS saat pertama rilis.

Selain itu adalagi kasus Assassin’s Creed Unity yang berjalan dengan luar biasa di kartu grafis Nvidia namun begitu buruk ketika dijalankan di kartu grafis AMD. Permasalahan-permasalahan seperti ini terkadang membuat para penggemar konsol menyarankan, “Mending beli konsol, ga ribet tinggal main doang,”

Tapi disamping itu semua, ada beberapa game yang berjalan optimal di PC, namun masih menguras kemampuan si PC tersebut sampai batas maksimal. Duniaku.net kali ini ingin membahas beberapa game PC berat yang membuat PC tersebut bertekuk lutut karena saking beratnya.

1

Metro 2033

Game PC berat yang pertama adalah Metro 2033 yakni game keluaran tahun 2010 yang cukup membuat para PC gamer mengerutkan dahinya. Game yang satu ini memang memiliki requirement minimum standaran di tahun 2010 yakni processor dual core, geforce 8800, dan RAM 1GB.

Tapi kenyataannya PC dengan minimum seperti itu tidak akan bisa menjalankan game ini dengan sangat baik. Saya pribadi pernah mengetestnya dengan spek AMD A4, Radeon HD 6570, dan RAM 2GB. PC tersebut cukup baik menangani banyak game di zamannya, namun untuk Mtero 2033, PC tersebut harus menyerah.

Game berjalan dengan patah-patah dan kita harus menyesuaikan pengaturan game ini hingga titik terendah bila ingin menjalankan game ini dengan baik. Namun semua ini wajar karena Metro 2033 memiliki grafis yang bagus dan sangat terasa sekali post-apocalypticnya.

Bahkan laptop-laptop seharga 6 jutaan pada tahun 2010 pun kesulitan untuk mencapai permainan yang optimal di game ini. Di Youtube sendiri ada akun bernama traponet07 yang mengunggah pengalaman bermainnya di rig dua core E6400, Geforce 8800, dan RAM 4GB pun masih kesulitan untuk memainkan game ini dengan sangat optimal guys.