You are here
Home > Gaming > Sedih! Morphling dan Medusa Di Nerf Habis-Habisan di Patch 7.07d! By-bye Carry Hero?

Sedih! Morphling dan Medusa Di Nerf Habis-Habisan di Patch 7.07d! By-bye Carry Hero?


Menjelang akhir tahun, Valve tidak lelah memberikan update terbaru untuk Dota 2 untuk menyeimbangkan permainan. Update ini lagi-lagi berfokus untuk hero dan item. Siapa sajakah yang terkena buff atau nerf di update kali ini?

Patch 7.07d sendiri merupakan patch yang diluncurkan untuk menutup akhir tahun dan dirilis setelah seri Dota Pro Circuit terakhir di tahun 2017 yaitu The Summit 8. Bisa jadi IceFrog dapat inspirasi setelah melihat para pro player bermain di Pro Circuit ya!

1

Goodbye Morphling?

Di Patch 7.07d terbaru ini banyak hero yang mendapatkan nerf terutama dari hero-hero populer yang sering dipakai di kompetitif.

Morphling menjadi salah satu hero yang sangat populer di kompetitif karena sangat imba mendapatkan nerf telak! Kemampuannya yang kuat baik secara physical maupun magical damage membuat hero ini bisa membuat musuh kocar kacir.

Attribute Shift yang menjadi skill kunci dari Morphling untuk menambah secara instan strength atau agility mendapatkan nerf. Skill ini sekarang tidak bisa diaktifkan jika ia terkena stun namun masih bisa diaktifkan jika sebelumnya ia sudah mengaktifkan sebelum terkena stun.

Selain itu skill pertama dari Morphling yaitu Waveform diturunkan damage-nya di semua level. Perubahan juga terjadi di Talent dimana sekarang Waveform yang bisa menyerang target diubah dari level 15 ke level 20. Sedangkan penambahan durasi 15 detik untuk Morph diubah dari level 20 ke level 15.

Perubahan ini tentu memaksa Morphling harus cepat mendapatkan item-item-nya agar bisa efektif. Mengingat peran Talent juga sangat berpengaruh dengan permainannya. So good bye Morphling?

2

Hero Lain yang Terkena Nerf

hero carry
Sumber: Best Dota 2 Wallpapers

Hero lain yang terkena nerf selain Morphling adalah Medusa. Hero ini diberikan penurunan di pertumbuhan strength setiap levelnya. Selain itu Medusa semakin lambat movement speed-nya menjadi 275. Selain itu juga ada perubahan di Talent untuk level 10 dari +25 damage menjadi +20.

Omniknight juga mendapatkan nerf di patch 7.07d ini. Sekarang ia harus memakai Purification lebih dekat dengan penurunan cast range dari 575 menjadi 450. Selain itu cool down Guardian Angel disesuaikan dari 160 detik menjadi 180/170/160 detik di setiap levelnya. Perubahan juga ada di Talent level 20 yaitu mana regen dari +4 menjadi +3.

Dua hero support yang sering dipakai di kompetitif yaitu Earth Spirit dan Bane juga mendapatkan nerf. Untuk Bane, Enfeeble sekarang disesuaikan dari 20 detik menjadi 14/16/18/20 di setiap levelnya. Selain itu skill Brain Sap mendapat penyesuaian.

Bagaimana dengan Earth Spirit? Hero yang sudah sering terkena nerf ini kali ini mendapatkan penurunan durasi stun untuk skill Boulder Smash! Makin sedih deh para pengguna Earth Spirit!

3

Hero yang Terkena Buff

Dazzle

Hero yang terkena buff tidak terlalu banyak di patch 7.07d ini. Alchemist yang dulu sudah mendapatkan buff, sekarang mendapatkan buff lagi untuk skill Unstable Concoction yang ditambah damage-nya.

Hero support yang mulai jarang terlihat di kompetitif yaitu Dazzle mendapatkan peningkatan di Talent. Di level 10 sekarang kamu bisa memilih antara +200 HP atau +75 damage. Tentu ini diharapkan agar hero ini lebih banyak di-pick untuk ke depannya!

4

Perubahan Item

Item yang sering dipakai di kompetitif mendapatkan nerf di patch ini terutama untuk item yang dipakai oleh carry. Manta Style mendapatkan penurunan di attack speed dan movement speed. Begitu pula dengan Mask of Madness yang diturunkan bonus movement speed dan ditambah pengurangan armor saat memakai item ini!

Aeon Disk yang jarang dipakai di kompetitif mendapatkan pengurangan harga resep. Begitu pula dengan Meteor Hammer yang diturunkan channeling time-nya. Nullifier yang menjadi item yang mulai ramai dipakai mendapatkan pengurangan cooldown dan harga mana!


Patch 7.07d bisa jadi memang respon IceFrog menyikapi meta yang terjadi selama turnamen DotaPro Circuit belakangan ini. Secara garis besar, memang carry hero yang banyak mendapat serangan nerf!

Kita lihat saja bagaimana patch ini dimainkan oleh para pro player menuju tahun 2018 nanti ya!

Diedit oleh Belliandry.

Hayabusa
Saya adalah orang biasa yang ingin terus berkarya dalam kehidupan di dunia maya maupun di dunia nyata. "HIDUP UNTUK BERKARYA, BERKARYA UNTUK HIDUP".

Leave a Reply

Top