You are here
Home > Gaming > Waduh! Tiga Event Dota 2 Pro Circuit Dibatalkan! Bagaimana Nasib Tim dan Para Penyelenggaranya?

Waduh! Tiga Event Dota 2 Pro Circuit Dibatalkan! Bagaimana Nasib Tim dan Para Penyelenggaranya?


Tiga event Dota 2 Pro Circuit secara resmi dibatalkan! Apa alasannya? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap tim atau Valve sendiri?

Tepat satu bulan lalu, turnamen organizer, Beyond the Summit mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menjadi tuan rumah event Dota 2 Pro Circuit Major. Sekarang bukan hanya satu, tapi tiga event Dota 2 Pro Circuit telah resmi dibatalkan juga!

Keputusan yang diambil Beyond The Summit memang diluar kendali mereka, terutama karena gagalnya kesepakatan yang dijalin dengan Next Generation Esports.

Demikian pula dengan dua event Dota 2 Pro Circuit yang diselenggarakan oleh Global Esports Championships (GESC) dibatalkan karena faktor pihak luar!

Pembatalan event Dota 2 Pro Circuit ini diumumkan dalam sebuah pernyataan singkat lewat situs resmi GESC. Dan sayangnya detail pembatalan tersebut tidak diungkapkan.

Minor yang dibatalkan seharusnya dijadwalkan pada tanggal 8 Maret 2018 dan memang tidak ada rincian mengenai lokasi, berapa total prize pool, atau format turnamennya.

Turnamen nasional

Pembatalan ini membuat Minor lain yang semula dijadwalkan pada 5 Februari akan menggantikannya.

Seperti yang kita ketahui Valve menerapkan peraturan bahwa masing-masing penyelenggaran turnamen Minor harus menyediakan prize pool minimal USD150 ribu (sekitar Rp2 miliar) dan Valve akan menambahkan USD150 ribu lagi supaya bisa masuk ke dalam jajaran Pro Circuit.

Sebagai tambahan, Qualification Point juga berbanding lurus dengan prize pool-nya, yang artinya masing-masing turnamen Minor memiliki setidaknya 300 poin yang akan didistribusikan untuk tim yang berpartisipasi.

Dengan batalnya dua event Dota 2 Pro Circuit yang diselenggarakan GESC ini, maka setidaknya ada 600 poin Qualification Point dan hadiah sebesar USD600 ribu (sekitar Rp8.1 miliar) hilang (setidaknya sampai para organizer lain membuat event mereka sendiri).

Sementara Major yang dibatalkan secara teknis akan tetap ada, berkat perubahan jadwal dan untuk Minor GESC belum dapat diganti untuk saat ini.

event dota 2 pro circuit
Sumber: Dota 2

Bagi tim yang sudah berhasil menduduki posisi puncak klasemen perolehan Qualification Point di Pro Circuit tentu tidak terlalu khawatir.


Kondisi ini justru membuat tim di Tier 2 dan 3 dan terutama yang berada dalam scene Dota 2 SEA yang dikenal “kejam” menjadi yang paling merasakan pengaruhnya, karena mereka akan semakin kehilangan kesempatan untuk mengumpulkan poin dan hadiah uang tunai!

Hm, rumit juga situasinya ya, bagaimana pendapatmu guys?

Diedit oleh Belliandry.

Hayabusa
Saya adalah orang biasa yang ingin terus berkarya dalam kehidupan di dunia maya maupun di dunia nyata. "HIDUP UNTUK BERKARYA, BERKARYA UNTUK HIDUP".

Leave a Reply

Top