You are here
Home > Gaming > Buff? Nerf? Rework? Bug? Apa Sih Arti Istilah Patch MOBA?

Buff? Nerf? Rework? Bug? Apa Sih Arti Istilah Patch MOBA?


Ketika kamu mendengar keempat istilah tersebut apa yang kamu pikirkan? Mungkin saat ini kamu bingung apa arti istilah-istilah tersebut, dan mengapa sering dipakai di setiap update patch game!

Buff, nerf, bug, dan rework adalah istilah-istilah yang sering muncul di game apapun dan terutama saat ada update patch. Tanggapan-tanggapan sering bermunculan dari para gamer dan menjadi perdebatan setiap ada update.

Mungkin di antara kamu sudah banyak mendengar, “hero bagus-bagus kok di nerf?”, “hero jelek-jelek di buff”, “hero dah enak dipakai di-rework”, atau “hero masih nge-bug kapan dibetulin?”

Setiap perubahan dalam sebuah game tentu sangat dipertimbangkan sangat matang oleh para developer game. Mereka tentu tidak asal merombak begitu saja setiap update dengan pertimbangan menurut mereka sendiri.

Para developer game melakukan buff, nerf, memperbaiki bug, dan rework di setiap update-nya tentu setelah mendapatkan pertimbangan dari komunitas gamer. Mereka tidak melakukan asal update saja demi keuntungan mereka.

Sumber, thenerdstash

Setiap update adalah kabar baik! Ini yang perlu diingat, karena setiap update akan memberikan warna baru kedalam game itu sendiri.

Walau tidak terkecuali saat awal update akan lahir perdebatan dan protes para pemain, tetapi jika update itu membawa perubahan positif, maka selanjutnya game tersebut akan berjalan dengan baik!

Buff, nerf, dan rework yang dilakukan pada saat update terkadang menjadi sebuah momok dalam sebuah perubahan. Momok yang membuat seorang karakter menjadi lebih kuat, lebih lemah, ataupun menjadikan karakter tersebut menjadi sulit dimainkan.

Padahal, setiap update dari game ditujukan untuk memberikan keseimbangan permainan, juga untuk memberikan pengalaman bermain baru dan lebih menyenangkan!

Mari kita lihat yuk apa sih arti dan tujuan buff, nerf, bug, dan rework tersebut!

Buff: Memberikan Kenaikan Status

buff, nerf, rework, dan bug
Sumber, youtube SwaggXBL

Istilah ini biasanya ada di dalam permainan saat kamu mendapat efek peningkatan status dalam permainan. Efek ini bisa kalian dapatkan dari membunuh monster, item, dan buff dari teman.

Buff menjadi sering didengar saat patch update sebuah game, walaupun hal itu lebih tepat disebut perubahan status, tetapi hal yang sifatnya menaikkan atau membuat karakter itu menjadi lebih jago disebut buff.

Ingat, buff karakter pada sebuah update akan membuat karakter tersebut menjadi lebih seimbang!

Nerf: Penurunan Status

buff, nerf, rework, dan bug
Sumber, youtube onlybrothers Dota 2

Nerf artinya memberikan efek status negatif dalam sebuah permainan. Status ini didapatkan dari monster atau karakter musuh yang mengeluarkan skill berefek negatif. Nerf bisa berupa penurunan armor, attack speed, atau kecepatan bergerak.

Istilah nerf dalam sebuah patch juga sering dipakai, istilah tersebut kadang menjadi momok yang mengerikan! Misalnya heronya jadi cupu atau ampas, padahal nerf dilakukan karena karakter tersebut sebelumnya terlalu overpowered (OP) atau terlalu kuat!

Penyeimbangan dengan nerf perlu dilakukan untuk memberikan keseimbangan pada karakter tersebut. Contohnya nerf terhadap hero Outworld Devourer yang terlalu OP beberapa patch lalu!

Kini kamu tahu arti dari buff serta nerf. Lalu, bagaimana dengan rework atau bug? Simak penjelesannya di halaman dua!

Hayabusa
Saya adalah orang biasa yang ingin terus berkarya dalam kehidupan di dunia maya maupun di dunia nyata. "HIDUP UNTUK BERKARYA, BERKARYA UNTUK HIDUP".

Leave a Reply

Top